Breaking News
Loading...
Jumat, 25 Juli 2014

Fakta kandungan nutrisi zat kimia dalam buah pisang dan manfaat kesehatan makan buah pisang


Terasa manis, kaya akan gula alami dan rendah lemak, pakar kesehatan menyatakan bahwa buah pisang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hampir satu juta warga Australia didiagnosa menderita penyakit diabetes. Selain itu, satu dari empat orang dewasa di Australia juga diduga memiliki gangguan metabolisme gula darah.

Berdasarkan Accredited Nutritionist Glenn Cardwell di Asutralia :

“Buah pisang sangat baik bagi orang-orang dengan penyakit diabetes dan sangat baik untuk kesehatan pada umumnya. Buah yang satu ini sering terjebak dalam kesalahpahaman umum yang menyatakan bahwa jika rasanya enak maka hal itu buruk untuk kesehatan. Hingga saat ini hal itu masih menarik perhatian saya bahwa sebagian orang berpikir makan buah pisang berpotensi meningkatkan kadar gula darah. Tapi hal itu tidak terjadi,” kata Cardwell.

Cardwell merekomendasikan untuk menjaga kadar gula darah dalam level yang sehat sangat diperlukan makan makanan yang mudah dicerna.

“Sangat penting untuk memakan makanan yang mudah dicerna (seperti pisang) untuk menghindari lonjakan kadar gula darah. Makanan yang punya efek paling rendah dalam peningkatan kadar gula darah disebut Low Glycemic Index Foods atau juga dikenal dengan sebutan GI rendah. Banyak makanan yang termasuk GI rendah seperti gandum, kacang-kacangan, susu, dan kacang. Pisang juga termasuk makanan dengan GI rendah meskipun rasanya manis,” ujar Cardwell.

Diabetes Australia, dalam perayaan National Diabetes Week 8-14 Juli 2007 silam, juga mendukung gerakan tersebut dengan menyatakan di website mereka “Makanan berkarbohidrat adalah sumber energi terbaik untuk tubuh Anda” dan buah pisang termasuk dalam daftar makanan dengan GI rendah.

Kandungan gula yang ada di dalam buah pisang menjadi sumber energi alami untuk kerja otot dan otak. Itulah sebabnya kenapa buah pisang sangat populer di tengah atlet dan pekerja kantoran yang membutuhkan energi di pagi hari.

“Ada beberapa kebingungan dengan orang-orang yang berpikir bahwa mereka akan mendapatkan gula yang tinggi dari buah. GI rata-rata dari buah pisang hanya 52 poin (diklasifikasikan sebagai GI rendah), membuat buah yang satu ini menjadi pilihan bagi penderita diabetes. Buah pisang juga dicerna secara perlahan, itulah sebabnya buah yang satu ini sangat mengenyangkan,” kata Cardwell.

Selain itu, buah pisang juga termasuk buah yang bebas lemak, sumber vitamin B6, folat, potasium, dan serat. Oleh sebab itulah mengapa buah pisang sangat disarankan untuk dikonsumsi dalam upaya meraih kesehatan tubuh.









== MANFAAT BUAH PISANG ==
JANGAN TARUH PISANG ANDA DI KULKAS ! !
Ini menarik.
Setelah membaca ini, Anda tidak akan pernah melihat pisang dengan cara yang sama lagi.
Pisang mengandung tiga gula alami - sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Sebuah pisang memberikan dorongan instan pada pecernaan secara berkelanjutan dan energi substansial. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan hanya dua buah pisang akan memberikan energi yang cukup untuk sebuah latihan berat selama 90 menit.
Tidak heran mengapa pisang adalah buah nomor satu bagi kebanyakan atlet terkemuka di dunia. Supply energi bukan satu-satunya yg didapat dari pisang tetapi pisang dapat membantu kita agar tetap fit.
Hal ini juga dapat membantu mengatasi atau mencegah dan mengatasi sejumlah besar penyakit dan kondisi badan yang kurang fit , sehingga pisang merupakan suatu keharusan untuk melengkapi diet harian.
Depresi: Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pisang. Hal ini terjadi karena pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang akan diubah oleh tubuh menjadi serotonin, yang akan membuat anda menjadi relax, memperbaiki suasana hati (mood) dan secara umum akan membuat seseorang merasa lebih nyaman .
Bagi Penderita Diabetes : Makanlah pisang setiap hari. Karena Vitamin B 6 terkandung dalam pisang akan mengontrol tingkat glukosa darah anda dan akan mempengaruhi suasana hati Anda.
Bagi Penderita Anemia: Pisang mengandung Zat Besi Tinggi , pisang juga dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu banyak membantu dalam berbagai kasus anemia ( kurang darah ).
Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi : Buah tropis yg unik ini sangat tinggi kalium namun rendah garam, sehingga sempurna untuk mengalahkan tekanan darah. Begitu banyak gunanya sehingga US Food and Drug Administration ( Departemen pengawasan Obat dan Makanan Amerika ) baru saja mengizinkan perkebunan pisang untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.
Menambah Kemampuan Otak : 200 siswa di sekolah Twickenham (Middlesex) sangat terbantu dalam ujian mereka tahun ini karena memakan pisang pada saat sarapan, saat istirahat dan saat makan siang, dalam upaya untuk meningkatkan kekuatan otak mereka.
Penelitian telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu siswa dalam belajar dan juga membantu siswa menjadi semakin peka dalam berpikir.
Sembelit: Pisang mengandung Zat Fiber dalam kadar yg tinggi, pisang dapat juga membantu menormalkan kembali kerja pencernaan anda, pisang akan membantu mengatasi permasalahan pencernaan ini tanpa anda harus kembali ke obat2 pencahar lagi , yang jelas BAB anda akan jadi semakin lancar .
Obat mabuk: Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan mabuk ( Darat , Laut dan Udara ) adalah dengan meminum milkshake pisang ditambah dengan madu sebagai pemanis . Milkshake Pisang akan berefek menenangkan perut anda dan dengan bantuan madu akan mengontrol kadar gula darah anda utk menjadi normal kembali, sementara susu akan menenangkan perut anda dan menata ulang sistem pencernanaan anda.
Mulas & Sakit Perut : Pisang memiliki efek antasid pada tubuh, jadi jika Anda menderita mulas dan perut terasa melilit maka cobalah makan pisang untuk mengurangi sakitnya.
Mual di Pagi Hari ( Morning Sickness ): Ngemil pisang antara waktu makan membantu menjaga kadar gula darah dan menghindari mual di pagi hari.
Gigitan nyamuk: Sebelum anda meraih krim/cairan anti gigitan nyamuk, cobalah dulu menggosok daerah yang terkena gigitan nyamuk dengan bagian dalam kulit pisang. Banyak orang yg sudah merasakan hebatnya Kulit Pisang ini karena akan mengurangi pembengkakan dan iritasi pada kulit .
Saraf: Pisang mengandung vitamin B dalam kadar tinggi yang sangat membantu dalam menenangkan sistem saraf.
Bagi Penderita Obesitas yg bekerja ? : Studi pada Institut Psikologi di Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan dan camilan seperti , snack , coklat dan keripik. Setelah meneliti 5.000 pasien di rumah sakit, para peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang yg menderita kegemukan lebih sering berada dalam tekanan kerja yang tinggi.
Banyak Laporan yg menyimpulkan bahwa untuk menghindari panik akibat tekanan kerja yg berlebihan dan nafsu yg tinggi utk memakan makanan apapun, kita perlu mengendalikan kadar gula darah kita dengan mengemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk menjaga agar kadar gula darah menjadi stabil.
Luka Lambung : Pisang bisa digunakan sebagai bahan makanan utama untuk diet bagi penderita luka Lambung, pisang akan mencegah gangguan pencernaan hal ini disebabkan texturnya yang sangat lembut dan halus. Pisang adalah adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus penyakit yang parah. Dan pisang juga akan menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.
Kontrol suhu: Banyak budaya lain melihat pisang sebagai buah "pendingin" yang dapat menurunkan suhu baik fisik dan emosional, para ibu hamil Di Thailand misalnya, mereka akan makan pisang sebelum melahirkan dengan keyakinan bahwa si bayi akan lahir dengan suhu dingin.
Bagi para Perokok : Buah pisang dapat membantu orang yang mencoba untuk berhenti merokok. Vitamin B 6, B 12 yang dikandungnya, serta kalium dan magnesium akan sangat membantu tubuh anda utk cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.
Stress : Kandungan Kalium dlm pisang adalah mineral yg penting, yang akan membantu menormalkan detak jantung, mengirim lebih banyak oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress, metabolisme kita akan meningkat, sehingga mengurangi kadar Kalium . Ini dapat dinetralkan (rebalanced) dengan bantuan snack pisang yg tinggi kalium.
Stroke: Menurut penelitian di The New England Journal of Medicine, makan pisang sebagai bagian dari diet teratur dapat menurunkan resiko kematian karena stroke sebanyak 40%!
Kutil : Mereka yang suka pada pengobatan alami sudah banyak yg tahu bahwa pisang bisa Menghilangkan / Mengecilkan Kutil, jika anda ingin menghilangkan kutil, maka ambilah sepotong pisang , dan letakkan di kutil anda, dengan bagian kuning / kulit ada diluar . Tetap pertahankan pisang itu dengan plester sampai beberapa waktu, gantilah setiap pagi dan sore hari, setelah bbrapa hari lalu lihatlah ! !
Jadi ingatlah, Pisang adalah obat alami untuk berbagai penyakit. Jika anda membandingkannya dengan apel misalnya , maka Pisang mengandung ; Protein empat kali lipat, Karbohidrat dua kali lipat , Zat Fosfor tiga kali lipat, Vitamin A dan zat besi lima kali lipat, dan ada pula dua kali lipat kandungan vitamin dan mineral lainnya. Pisang juga kaya kalium dan merupakan salah satu makanan dgn nilai terbaik, Jadi mungkin sekaranglah saatnya untuk mengubah pandangan kita terhadap Pisang dan makanlah Pisang setiap hari maka anda akan berkata, "Sebuah pisang sehari membuat dokter pergi!"
NB: Pisang jugalah yang menjadi alasan monyet untuk begitu berbahagia setiap saat dan selalu sehat2 saja dalam jangka panjang!







Buah Pisang merupakan buah yang kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita untuk fungsi yang sehat.  buah pisang merupakan pilihan yang tepat bagi para atlet dan binaragawan untuk mendapatkan asupan energi instan. Buah pisang  juga merupakan makanan yang sangat baik untuk  bayi karena memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk  pertumbuhan yang sehat. Singkatnya, buah pisang sangat efisien dalam menyediakan nutrisi untuk tubuh anda dengan semua vitamin dan mineral yang dikandungnya.

Daftar kandungan nutrisi buah pisang:

    Vitamin B1, B2, B3, dan B6 : Vitamin B1 ( tiamin ), B2 ( riboflavin ), B3 ( niasin ), dan B - 6 adalah semua bentuk vitamin B, yang membantu tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin B1 yang terdapat dalam buah pisang juga dikenal untuk membantu dalam mengobati stres. Vitamin B2 adalah antioksidan yang juga membantu vitamin B6 dan folat, yang diubah menjadi bentuk yang dapat digunakan dalam tubuh.
    Vitamin C : buah pisang  mengandung vitamin C yang penting untuk pertumbuhan tubuh kita. Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C dapat membantu mencegah infeksi dan menyembuhkan luka. vitamin C juga dapat membantu dalam pencegahan kanker, penyakit jantung, dan arthritis.
    Buah pisang merupakan sumber kalium dan magnesium yang membantu dalam menstabilkan tekanan darah dan melindungi jantung.
    Vitamin A, E, dan K : Vitamin A sangat baik untuk penglihatan sistem kekebalan tubuh. Selain vitamin A buah Pisang juga memiliki kandungan vitamin E dan K. Ketiga vitamin tersebut bekerja sebagai antioksidan dan juga diyakini memainkan peran penting dalam mencegah jenis kanker tertentu, penyakit jantung, dan diabetes. vitamin K juga untuk membantu dalam mengobati pembekuan darah dan tulang lemah.
    Buah pisang  mengandung senyawa yang disebut protease inhibitor yang berfungsi melindungi perut dari bakteri  yang menyebabkan gangguan perut.
    Buah pisang merupakan sumber  fructooligosaccharides yang bertindak sebagai prebiotik sekaligus merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus. buah pisang juga melindungi kita dari bakteri berbahaya yang menyebabkan gangguan pada lambung.
    Buah pisang merupakan sumber yang baik dari karotenoid yang merupakan antioksidan yang berperan dalam melindungi tubuh  terhadap kondisi penyakit kronis. buah pisang juga memiliki kandungan senyawa fenolik antioksidan yang tinggi.
    Karbohidrat yang mudah dicerna. Karbohidrat dalam buah pisang dicerna oleh tubuh dan diubah menjadi glukosa ( gula ). Tidak ada buah lain mengandung karbohidrat yang lebih mudah dicerna daripada buah pisang. Hal ini tentunya sangat menguntungkan, karena tubuh kita lebih mudah dan cepat membakar kalori dari karbohidrat dibandingkan dengan kalori dari lemak atau protein.

Kandungan vitamin dalam buah pisang:

Folat , DFE 24 mg
Vitamin B - 6 0,433 mg
Riboflavin 0,086 mg
Niacin 0,785 mg
Thiamin 0,037 mg
Vitamin A, IU 76 IU
Vitamin A, RAE 4 mg
Vitamin K ( phylloquinone ) 0,6 mg
Vitamin E ( alfa-tokoferol ) 0,12 mg
Vitamin C ( asam askorbat jumlah ) 10,3 mg
Kandungan mineral dalam buah pisang:

Kalsium 6 mg
Besi 0.31 mg
Magnesium 32 mg
Fosfor 26 mg
Kalium 422 mg
Sodium 1 mg
Zinc 0.18 mg

Kandungan nutrisi dalam buah pisang:

Energi 105 kkal
Karbohidrat 26,95 g
Protein 1.29 g
Jumlah Dietary Fiber 3,1 g
Jumlah Gula 14,43 g
Jumlah Lemak 0.39 g
Air 88,39 g

Sumber : usda.gov














Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan -

Pisang (Musa paradisiaca )..buah yang satu ini sangat populer  dikalangan kita, selain karna mudah didapat , murah, buah ini juga banyak kandungan vitaminnya. Pisang (Banana) adalah pohon jenis Terna (pohon dengan batang yang lunak dan tidak berkayu) dari suku Musaceae dengan batang yang kuat, dan daun-daun yang besar memanjang dan berwarna hijau tua. Buah pohon ini nampak dalam bentuk sisir-sisir, yang tiap sisirnya berisi (10 20) pisang, dan dalam buahnya tidak terdapat biji. Pisang  merupakan buah dengan sumber gizi yang hampir sempurna karena pisang mengandung nutrisi enam yaitu: air, gula, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dan berkat tingginya nilai gizi yang dikandungnya, maka ia telah menjadi makanan penting (pokok) bagi banyak orang. Konon buah ini berasal dari asia tenggara kemudian buah ini mulai menyebar ke benua bagian barat. Dan perlu diketahui bahwa indonesia merupakan salah satu negara penghasil pisang terbanyak, yaitu pada urutan ke empat dunia. Dalam pisang terkandung banyak serat dan beberapa  vitamin seperti :

Kandungan Pisang

Pisang mengandung (68%) air, (25%) gula, (2%) protein, (1%), lemak dan minyak, (1%) serat Selulosa. Sebagaimana juga ia mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng.


Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

    Meningkatkan kekebalan tubuh
    Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.
    Obat hipertensi (tekanan darah tinggi)
    Kandungan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali. Kandungan seratnya yang mampu mengikat lemak dapat mencegah terbentuknya plak yang berdampak naiknya tekanan darah.
    Mencegah penyakit jantung
    Vitamin C dan flavonoid pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.
    Kesehatan janin
    Ibu hamil disarankan makan pisang karena kandungan asam folatnya mudah diserap janin.
    Mengatasi anemia (kurang darah)
    Buah ini juga mengandung zat besi. Dua buah pisang setiap hari, cukup membuat penderita anemia terselamatkan.
    Mengatasi gangguan pencernaan
    Pisang memiliki khasiat antasida serta mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung. Penelitian di Inggris terhadap hewan coba, hewan yang diberi makan pisang, dinding lambungnya menjadi lebih kuat. Untuk itu pilihlah pisang yang manis seperti pisang raja. Serat pada pisang melancarkan buang air besar. Vitamin B6-nya membantu meredakan gejala diare.
    Menurunkan berat badan
    Karbohidrat kompleks tidak menaikkan kadar glukosa dengan drastis; juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Asalkan, pisang tidak diolah dalam bentuk banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak. Serat pada pisang juga menurunkan berat badan karena melancarkan proses metabolisme.


Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan.Sebuah pisang matang, akan mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi. Di samping itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top